Perangkat Jaringan yang ada di Sekolah


1.BTS(Base Transceiver Station) 
(Stasiun Transceiver Dasar)atau BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.
Tugas utama BTS adalah mengirimkan dan menerima sinyal radio ke perangkat komunikasi seperti telepon rumah,telepon seluler dan sejenis gadget lainnya.

2.Wi-Fi
Wi-Fi adalah jaringan komputer nirkabel yang menghubungkan dua atau lebih perangkat yang menggunakan komunikasi nirkabel untuk membentuk jaringan area lokal dalam area terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, kampus, atau gedung kantor.
Fungsi WiFi
Menghubungkan perangkat seperti laptop, smartphone, maupun perangkat lain yang kompatibel ke internet; Membagikan data tanpa harus terhubung dengan kabel; Menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya, misalnya dari smartphone ke smart tv.

3.Cable taster
Penguji kabel adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengecek sambungan kabel sehingga dapat memverifikasi jalur konduksi antara ujung kabel dan kabel yang benar dari konektor pada kabel. 
Berfungsi untuk Mengecek apakah kabel yang digunakan bisa berjalan baik atau tidak.

4.Switch 
Merk: tp-link
seri:SG1018D
switch adalah komponen jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dalam sebuah jaringan
Fungsi switch yang utama yaitu menghubungkan sejumlah perangkat komputer agar bisa melakukan pertukaran paket dan meneruskan data menuju berbagai perangkat tujuan

5.Router 
Merk: MikroTIK
Router adalah perangkat yang memungkinkan beberapa perangkat bisa terhubung ke internet. 
Berfungsi sebagai alat untuk membantu proses transmisi jaringan internet ke perangkat penggunanya

6.LAN 
Kabel LAN atau Local Area Network merupakan salah satu jenis kabel jaringan yang umum digunakan untuk menghubungkan internet ke berbagai perangkat seperti PC atau komputer, router, dan saklar dalam jaringan area lokal
Fungsi kabel LAN yang paling utama yaitu untuk menghubungkan satu perangkat komputer dengan yang lainnya di area yang sama. 

7.Antena Grid
 Antena Grid adalah antena Wi-Fi yang berfungsi untuk memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point, multi point. Antena ini akan menerima dan mengirim sinyal data dengan sistem gelombang radio 2,4 Mhz dimana data tersebut bisa dalam bentuk intranet atau internet.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © NNQ - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -